teks

teks
  • Latest News

    Jumat, 03 Juni 2016

    Siapa Menunggu Siapa? Berkaca Pada Pilkada Kelebengan 2015


    Hiruk pikuk Pilkada serentak sudah mulai terasa. Masyarakat sudah mulai disibukkan dengan berbagai pemandangan bakal calon (balon) kepala daerah.
    Berbagai strategi awal pun sepertinya sudah disiapkan oleh masing-masing balon. Sayangnya, melekatnya gaya low politic di tubuh politikus Indonesia menjadi ancaman tersendiri dalam Pilkada.
    Di satu sisi mereka menganggap dirinya sebagai “aspirasi publik” dan “sudah berkontribusi di daerahnya”, namun di sisi lain hal seperti ini justru akan semakin mengokohkan dirinya sebagai pemburu kekuasaan.
    Hal ini terlihat dari cara mengangkat popularitas melalui media sosial sampai pada ceramah di berbagai tempat.
    Menjadi salah satu peserta Pilkada serentak 2015, nampaknya kebumen mendapat respon menarik dari masyarakat.
    Hal ini terlihat dari antusias masyarakat yang terus mengawal isu ini di berbagai media. Tentu dengan banyakya nama balon bupati yang muncul, menjadi hal menarik untuk didiskusikan. Namun sayangnya, sampai hari ini  sudah tidak jelas siapa memakai kendaraan Partai apa dan menunggu siapa?.
    Rakyat membutuhkan pemimpin yang tegas dan berkualitas dalam bersikap. Bagaimana akan membela nasib rakyat dengan jelas ketika menentukan balon bupati pun tidak tegas. Repotnya, masyarakat sudah terlanjur di suguhi berbagai gambar bakal calon bupati yang ada. Sehingga tak ayal jika masyarakat sudah terlanjur menaruh harapan tinggi pada gambar-gambar yang sudah tersebar.
    Namun bukan itu poinnya, yang ditakutkan adalah ketika masyarakat terlanjur kecewa jika nantinya balon yang digadang-gadang tidak ada dalam susunan calon resmi yang dikeluarkan KPU.
    Dalam situasi seperti ini, masyarakat tentu menunggu kepastian, baik dari partai maupun balonnya sendiri. Hal ini dikarenakan masyarakat juga harus memahami visi misi yang akan di bawa ke depannya kelak agar tidak salah memilih. (****) 

    Penulis adalah Mahasiswa Jurusan ilmu pemerintahan'' STPMD''APMD'' Yogyakarta.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Siapa Menunggu Siapa? Berkaca Pada Pilkada Kelebengan 2015 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top