teks

teks
  • Latest News

    Senin, 13 Juni 2016

    Harapan Baru Mahasiswa Baru


            Madouda News. Yogyakarta Pendaftar Kampus tahun Angkatan 2016/2017 raturan mahasiswa yang menerima dari gelombang, pertama, kelombang kedua dan gelombang ketiga di Kampus tersebut daerah istimewa Yogyakarta ( DIY ) tahun ini, kiranya semua mahasiswa baru bertujuan untuk menempu pendidikan, mengejar mimpi dan mengejar impian serta mengejar harapan mahasiswa/wi kedepan dari berbagai daerah dari dalam negari dan dari diluar negeri yang sedang kedudukan di yogyakarta.
            Ratusan mahasiswa yang diterima lewat gelombang pertama, kedua dan ketiga tahun 2016 tentu saja akan segera merasakan bagaimana menjadi mahasiswa. Jika melihat data lainya dari kampus lain yang berbeda, atau bahkan perguruan tinggi swasta, jumlahnya tentu saja akan semakin besar. Pastinya, sejuta harapan ada di benak para mahasiswa baru untuk menggapai cita-cita yang sudah ditanamkan dalam dirinya. Alasan untuk mendapatkan kehidupan masa depan yang lebih baik sering kali kita dengar mengapa kita melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, hal itu kita tahu tidak sepenuhnya menjamin masa depan kita.
    Pertanyaan yang mucul dibenak saya ketika melihat jumlah yang begitu besar ini, generasi muda yang melanjutkan studi dikota Yogyakarta adalah: bukankah ini menjadi potensi yang besar untuk menciptakan generasi penerus bangsa? Saya yakin banyak orang berpikir sama seperti saya. Tetapi perwujudannya akan sangat sulit dicapai. Mengapa? Terang saja ini akan sulit mengingat alasan untuk studi lanjut kebanyakan hanya ingin hidup lebih baik secara ekonomis. Padahal yang paling utama dari tujuan perkuliahan di perguruan tinggi adalah membentuk pola pikir yang sistematis untuk menuntaskan baik persolan pribadi maupun di lingkungan hidup sosial. Artinya kita tidak hidup hanya untuk diri sendiri tetapi untuk orang disekitar kita.
    Pastinya semua orang mempunyai keinginan pribadi yang beraneka ragam pula, namun semuanya harus diletakan kepada kepentingan yang lebih umum. Misalnya pertanyaan kenapa saya harus hidup di dunia? Mengapa harus menjadi mahasiswa? Kita harus punya bentuk pemikiran yang mulai memikirkan lingkungan sosial kita, jadi bukan sekedar belajar intelektual, tetapi bisa mengaktualisasikan apa yang kita dapat dari proses mendapatkan keintelektualan kita harus dari perkuliahan.
    Mahasiswa baru memang seharusnya mempunyai harapan baru pula. Dalam dunia pendidikan seharusnya mahasiswa baru menjadi objek yang harus dikembangkan menjadi potensi yang luar biasa. Para generasi muda yang masih fres secara pemikiran baiknya dibentuk menjadi mahasiswa yang tangguh secara intelektual dan berpengaruh terhadap lingkungan sosialnya.
    Para tenaga pengajar dan pihak manajemen kampus harusnya mulai berpikir untuk menghasilkan generasi yang mempunyai pengaruh terhadap bangsa ini secara kuat. Memang kita sudah sering dengar bahwa dunia pendidikan mengkampanyekan menghasilkan generasi bangsa, tetapi yang menjadi pertanyaan apakah sungguh itu terjadi? Kegagalan demi kegagalan yang sering terjadi menghancurkan harapan itu menjadi kabur alias tidak jelas. Maka perlu penanganan yang serius untuk mengembangkan potensi mahasiswa baru yang sebenarnya masih sangat potensial untuk dikembangkan.
    Mahasiswa baru yang masih sangat muda secara usia akan menjadi kekuatan untuk menghasilkan SDM yang andal dikemudian hari. Maka penting rasanya untuk kembali memperhatikan bagaimana proses pembentukan mahasiswa tersebut. Pejabat korupsi yang sekarang berkuasa juga dulunya adalah mahasiswa. Maka perlu memperhatiakan proses yang saya katakan pembentukan karakter. Artinya dari manapun asal universitasnya, yang paling penting adalah bagaimana membentuk manusia seutuhnya secara intelektual dan kesensitipan terhadap lingkungan sosilanya. Jadi untuk menghasilkan SDM yang handal seperti yang telah disebutkan diatas butuh komitmen setiap lembaga pendidikan dan pemerintah untuk memperhatikan proses pembentukanya, bukan sekedar menamatkan.
    Sekali lagi butuh sebuah proses yang harus dijalani dan pentingnya konsistensi. Mahasiswa baru yang akan menjalani proses bersama staf pengajar dalam hal ini adalah dosen harus benar-benar mantap. Interaksi yang intinya antara mahasiswa dan dosen sangat mempengaruhi bagaimana proses pendewasaan secara intelektual lebih baik lagi. Pembelajaran yang bernuansa terbuka saya rasa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan pola pikir mahasiswa. Maka dari itu penting sekali untuk sabar mengikuti proses ini.
    Mahasiswa baru sebaiknya memunculkan harapan baru untuk bangsa. Generasi muda yang perlu dibentuk untuk mengenal kondisi bangsa dan mau berbuat untuk bangsa adalah hal yang harus disampaikan dalam proses yang saya maksud. Jadi setiap universitas atau lembaga pendidikan bukan hanya sekedar mencari untung secara ekonomis, tetapi juga lebih mengutamakan pembentukan pola pikir yang benar untuk memikirkan kondisi bangsa ini. Dan hal ini harus dimulai untuk mencerahkan dunia pendidikan kita secara khusus di perguruan tinggi.

    Generasi muda sebaiknya dipandang perlu sebagai harapan baru untuk menjadi pemikir yang bersih bagi bangsa dan negara. Lebih menekankan sebuah proses dalam pembentukan pola pikir yang benar, serta menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan berjiwa kebangsaan adalah harapan bagi mahasiswa baru saat ini. Untuk itu kepada institusi pendidikan melihat ini dan kepada mahasiswa baru mempunyai harapan besar untuk berbuat bagi bangsa dan negara.
           Penulis : Daud Awipode Agapa
    Mahasiswa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa’’ STPMD’’APMD’’ Yogyakarata
    Jurusan: Ilmu Pemerintahan
    Semester :VI
    Next
    This is the most recent post.
    Posting Lama
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Harapan Baru Mahasiswa Baru Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top