teks

teks
  • Latest News

    Senin, 06 Juni 2016

    OPTIMISME MEMBANGUN PUNCAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MELIHAT PELUANG DAN TANTANGAN

    Seminar yang bertajuk "OPTIMISME MEMBANGUN PUNCAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MELIHAT PELUANG DAN TANTANGAN" pada tanggal 6 desember 2014 di Yogya tepatnya di kampus UGM dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Bambang Pramoko Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Puncak di Ilaga menyangkut kendala dan program Bupati selanjutnya sebagai berikut:
    1. Dinas Kesehatan
    2. Dinas Pertanian
    3. Pemerintahan
    4. Pendidikan
    5. Infrakstruktur
    Seminar ini di hadiri oleh mahasiswa UGM dan para spongsor peduli pembangunan kabupaten puncak dari hasil penjelasan pembawah acara seminar dan selain itu juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa asal kabupaten puncak yang study di se-jawa dan bali, itupun sesuai dengan undangan dari pak.Bambang Pramoko.
    Sesi pertama seminar kemudian dilanjutkan dengan Pameran Hasil Prodak atau penemuan Terong Belanda (buah belanda), di kabupaten puncak ilaga. dari hasil penemuan itu akan dikembangkan lagi pada tahun berikut dari mahasiswa UGM atau Tim PPA-02, baik penelitian maupun bimbingan kepada Pemerintah kabupaten puncak ucap Bambang.
    sesuai dengan hasil penjelasan bahwa Dinas kesehatan masih kurang tenaga perawat dan tenaga dokter sehingga perluh penambahan tenaga lagi. kemudian di bidang pertanian kabupaten puncak sangat subur untuk bercocok tanam karena tanah yang subur namun masyarakat sekarang tidak bercocok tanam lagi karena kehadiran kabupaten sehingga masyarakat mengharapkan kepada pemerintah, slalu datang ke kantor bupati atau kantor dinas untuk meminta uang sehingga Budaya berkebun sudah tidak ada lagi, oleh karena itu bentuk bantuan dari pemerintah kepada masyarakat seharusnya tidak boleh supaya kedepan bisa hidup mandiri.
    Pegawai atau pns di puncak masih belum memahami dalam mengoperasikan komputer untuk membuat laporan maupun surat menyurat lainnya sehingga perluh ada bimbingan agar kendala dalam menjalankan tugas tidak mengalami kesulitan. sesuai hasil penelitian yang di kemukakan oleh tim ppa-02 di lapangan.
    Dari hasil seminar ini, banyak hal pembangunan yang dicapai oleh bupati puncak telah di paparkan oleh pak bambang dari lima poin tadi yaitu, di bidang pendidikan,kesehatan,pertanian,infrakstruktur,dan pemerintahan dalam jangka waktu 2 tahun tertakhir ini. dan sisi lain untuk membangun kabupaten puncak ternyata banyak spongsor yang peduli terhadap pembangunan di papua pada khususnya kabupaten puncak.
    Pembicara utama pada seminar ini adalah Bapak Bupati kabupaten puncak,Bambang P (tim percepatan pembangunan kabupaten puncak), dan LSM dari Papua namun bupati tidak sempat hadir karena menangani masalah penembakan di daerah sehingga pak bambang dan dari LSM yang menjadi pembicara. pada saat sesi tanya jawab hanya 5 orang penyanya kemudian langsung tutup tanpa memberikan waktu kepada penyanya lain. pada hal seminar ini sangat penting untuk anak-anak daerah tapi sayang sekali kehadiran itu kami tidak memahami tujuan seminar yang sebenarnya.
    Kami sebagai anak putra daerah asal kabupaten puncak merasa bahwa bupati tidak memberi kesempatan kepada anak daerah mala memperdayakan orang lain, kemudian SDM apa yang pemerintah mempersiapkan kedepan kalau programnya begini, katanya PNS saja belum siap di kantor dan belum paham fungsi dan tanggung jawab seorang pns di dinas terkait. kalau memang begini apakah generasi kedepan kita hanya jadi penonton kemudian mengharapkan orang lain yang datang merampas sumber daya alam.
    program membuat kereta gantung dari ilaga ke timika apakah bupati punya target atau gambaran penyelesaian sudah ada dan dalam jangka waktu berapa tahun bisa menyelesaikan itu. untuk membuat jalan dari Ibu kota ke setian distrik saja belum masih dalam tahapan rencana. ataukah pak bambang punya terobosan lain untuk mempercepat pembangunan jalan atau membangun kereta gantug. apakah seminar ini hanya untuk publikasih atau persentasekan untuk mendapat gelar Prof. di kampus ugm.

    ( oleh: daud awipode agapa )
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: OPTIMISME MEMBANGUN PUNCAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MELIHAT PELUANG DAN TANTANGAN Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top